Rabu, 08 Agustus 2012

Setelah bersabar, bagaimana pula cara menghilangkan perasaan telah bersabar ini?

Ada orang bertanya kepada Master Cheng Yen:
Master pernah mengatakan jikalau bersabar saja tidak cukup, kita masih harus menghilangkan perasaan telah bersabar ini, bagaimana pula cara kita melakukannya?

Master menjawab:
Mengumbar emosi hanya merupakan pikiran sesaat, asal pada momen itu kita mau sedikit merubah pola pikir dan meminum “empat ramuan berkhasiat Tzu Chi”, yaitu tahu berpuas diri, bersyukur/berterima kasih, penuh pengertian dan bertenggang rasa, semua api kebencian dan amarah akan hilang dengan sendirinya.

Sebab jika tahu berpuas diri dan penuh pengertian, maka kita tidak akan berhitungan dengan orang; jika dalam setiap hal tahu berterima kasih dan bertenggang rasa pada orang, maka api amarah tidak akan bangkit. Semua orang dan semua hal di sekitar kita merupakan faktor pendukung untuk mencapai keberhasilan dalam pengasuhan kepribadian diri kita, jika kita selalu meminum obat mujarab berupa empat ramuan berkhasiat Tzu Chi yang mampu menurunkan gejala demam panas, pasti kehidupan kita akan nyaman dan bebas dari beban pikiran, sehingga dengan sendirinya kehidupan akan menjadi lebih menyenangkan.

Ceramah Master Cheng Yen tanggal 6 Juni 1999
Dikutip dari Jurnal harian Master Cheng Yen edisi musim panas tahun 1999
 
忍一口氣之後,如何消化掉?
 
問題:上人曾說忍一口氣還不夠,要吞下那口氣並消化掉,這如何才能做到?

上人的回答:
發脾氣只是瞬間的念頭,只要當下稍微轉變觀念,喝下「慈濟四神湯」──知足、善解、感恩、包容,瞋怒怨氣自然消散。

因為懂得知足、善解就不會計較;事事感恩、包容,怒氣就生不起來。周遭的人事環境無不在成就我們的品格,常喝慈濟四神湯這清涼退火的妙藥,生活必然輕安又自在,人生自然可愛。

上人開示於199966
本文摘自:《證嚴法師衲履足跡》1999年夏之

Tidak ada komentar:

Posting Komentar