Sabtu, 04 Agustus 2012

Jamur abalone amandel tumis kecap



Bahan:
Jamur abalone amandel (pilih jamur abalone amandel dengan diameter sekitar 4 – 5 cm), daun kemangi, jahe iris tipis, cabai.

Bumbu:
Minyak sayuran, saus tiram vegetarian (dari jamur), kecap asin, mirin, gula batu.

Cara pembuatan:
1. Jamur abalone dipotong menjadi tiga bagian, kemudian jamur abalone yang sudah dipotong tadi digores silang pada sisi dalamnya, agar nanti waktu ditumis rasanya terserap ke dalam.
2. Tambahkan minyak sayuran ke dalam kuali dan panaskan, masukkan jarum abalone, ketika ditumis dijaga apinya jangan terlalu besar, tumis perlahan-lahan agar kandungan air dan bau wangi di dalamnya keluar secara alamiah, sampai warnanya kuning emas sudah boleh dikeluarkan dari kuali.
3. Kemudian masukkan jahe iris ke dalam kuali berminyak sampai berbau wangi, taruh cabai, tambahkan kecap asin, saus tiram vegetarian, mirin, gula batu; semua bumbu di atas ditambahkan secukupnya sesuai banyaknya jamur abalone.
4. Setelah itu, masukkan jarum abalone yang tadi sudah ditumis ke dalamnya dan aduk sampai semua jamur abalone tertutup saus, tutup kuali dan rebus selama 15 - 20 menit, sebelum dikeluarkan dari kuali, taruh daun kemangi, aduk sebentar dan sudah boleh dihidangkan.

• Mirin adalah sake manis yang biasa dipakai dalam masakan Jepang, merupakan adalah produk fermentasi beras yang diberi gula sehingga selain mengandung alkohol rasanya juga manis. Sebagai pengganti bisa dipakai air jeruk nipis atau lemon yang diberi sedikit gula pasir.
• Jamur abalone amandel (dalam bahasa Tionghoa dikenal sebagai xing bao gu) mengandung polisakarida yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, juga memiliki serat banyak yang dapat membantu pencernaan dan meringankan gejala sembelit, merupakan jamur pangan yang sangat digemari dalam beberapa tahun ini. Jamur abalone amandel yang sudah direbus dan diiris-iris, ketika dimakan akan terasa seperti kerang abalone vegetarian.


滷杏鮑菇

「杏鮑菇」含多醣體,可以增強免疫力,纖維多,幫助消化,改善便秘,是近年來頗受喜愛的食材。滷完後切片的杏鮑菇,吃起來的口感像極了素鮑魚。

【滷杏鮑菇】

材  料:
杏鮑菇(挑選粗細直徑約4~5公分的新鮮杏鮑菇)、九層塔、薑絲、辣椒。

調味料:
沙拉油、香菇素蠔油、純釀醬油、味醂、冰糖。

作法:
1、將杏鮑菇直切三等分,再將切好的杏鮑菇內側劃井字形狀,煎煮時才會入味。
2、加沙拉油熱鍋後,放入已切好的杏鮑菇,煎煮時火侯不宜太大,慢慢煎,讓杏鮑菇裡的水分及香氣自然散發出來,煎至金黃色即可起鍋。
3、油鍋先放薑絲爆香,再放辣椒,加入純釀醬油、香菇素蠔油、味醂、冰糖;以上調味料依杏鮑菇的多寡酌量加入。
4、調完味後,再將煎好的杏鮑菇放入攪拌,攪拌到杏鮑菇都沾到醬料,把鍋蓋蓋起來,約滷15分鐘至20分鐘,起鍋前再放九層塔拌一下即可起鍋。

(食譜提供:臺中張敏燕)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar