Rabu, 07 Maret 2012

Mengapa saya selalu tidak berhasil mendapatkan uang?

Ada orang bertanya kepada Master Cheng Yen:
“Saya sudah bekerja sedemikian keras, mengapa selalu tidak berhasil mendapatkan uang?”

Master Cheng Yen berceramah:
Di dunia ini, dikarenakan setiap orang tumbuh dewasa dalam lingkungan yang berbeda, tentu saja juga timbul perbedaan dalam konsep pemikiran masing-masing. Dalam kehidupan manusia, tidak mungkin memuaskan dalam setiap hal, namun jika tahu berpengertian, bertenggang rasa, bersyukur dan berpuas hati, maka dalam setiap hal akan terasa memuaskan dan setiap hari bersuka cita.

Beberapa tahun lalu, ada seorang penemu berkata kepada saya: “Master, saya telah berhasil menciptakan banyak barang baru, namun tidak bisa dijual dan selalu saja merugi; di kemudian hari, saya menjual hak paten barang-barang tersebut kepada orang lain, anehnya setelah produknya dilepaskan kembali ke pasaran oleh orang lain, ternyata disambut hangat oleh konsumen dan berhasil meraup banyak uang, kenapa bisa demikian?”

Saya menjawab: “Itu disebabkan buah keberkahan anda tidak cukup”
 
Dia bertanya kembali: “Mengapa perbedaannya sedemikian besar? Apa sebenarnya yang terjadi?”

Dengan merubah pikiran dan menciptakan keberkahan akan mendapatkan suka cita

Saya mengatakan kepadanya: “Itu dikarenakan orang tersebut pernah menciptakan benih keberkahan dan menjalin banyak jodoh keberkahan dalam masa kehidupan lampau. Itu sebabnya asal disebutkan produk-produk itu dikeluarkan oleh orang tersebut, semua orang sangat yakin pada produknya, dengan sendirinya sangat laku; sedangkan anda tidak ada menjalin jodoh keberkahan dalam masa kehidupan lampau, biar setinggi apa pun mutu produk anda dan tak peduli dipasarkan segiat apa pun, tetap saja tidak laku.”

Dia bertanya lagi: “Kalau begitu, bukankah dalam masa kehidupan sekarang ini saya ditakdirkan hanya menjadi penemu dan orang lain yang mendapatkan uangnya?”
 
Saya menjawab: “Anda boleh merubah pola pikir anda – karena penemuan anda, makanya kehidupan orang-orang menjadi lebih nyaman dan leluasa, ini juga sedang menciptakan keberkahan bagi orang banyak, juga sedang menjalin jodoh keberkahan. Jika anda mau berpikir demikian, hati anda akan merasa suka cita dan bebas dari kegalauan.”

Setelah berpikir sejenak, dia berkata: “Setelah berpikir demikian, hati saya merasa lebih lega; kalau tidak, saya benar-benar sangat marah. Karena saya sudah banyak berkorban waktu dan semangat untuk menciptakan barang, ternyata orang lain yang mendapatkan keuntungan, hati saya benar-benar tidak bisa tenang.”

Sebetulnya, berada dalam kondisi selamat sudah merupakan keberkahan, jika saling membandingkan, hanya akan menimbulkan emosi saja. Kita harus bertenggang rasa pada orang dengan hati lapang, dalam setiap hal harus berpengertian, bersyukur dan berpuas hati, dengan sendirinya hari-hari dalam kehidupan ini akan dapat dilalui dengan suka cita dan bebas dari kegalauan.

Dikutip dari buku “Debu habis terbitlah terang” karangan Master Cheng Yen
 
為甚麼總是賺不到錢?
 
有人問:「為什麼我這麼努力,卻總是賺不到錢?」

上人開示:
在這世間,由於每個人的成長環境不同,自然觀念上也會有所差異。人生無法事事都很完美,但是若能懂得善解、包容、感恩與知足,就能事事圓滿、日日歡喜。

多年前,有一位發明家跟我說:「師父,我發明了許多東西,但是都賣不出去、老是虧本;後來,我就將產品專利賣給別人,說也奇怪,當對方重新推出後,竟然大受歡迎,還賺了不少錢,這是什麼道理?」

我說:「這是因為你的福報不夠。」他就問:「為何差別那麼大?這到底是怎麼回事啊?」

轉念 造福 賺歡喜

我告訴他:「因為對方在過去生中有造福,結了很多福緣。所以,只要一提起此產品是某某人推出的,大家都很有信心,自然產品即會銷售得很好;而你在過去生中沒有結下福緣,儘管你的產品再好,但是無論如何推銷,也一樣賣不出去。」

他就問:「那我這輩子是不是注定只是發明,而讓別人賺錢?」我說:「你可以轉換一個觀念——因為你的發明,讓人們的生活事事方便,這也是造福人群,也是結福緣!若能如此想,你的心裡會感到歡喜自在。」

他想了想,說:「這麼想,我的心就會比較舒坦些;不然的話,真的會被氣死!因為我投入許多精神、時間發明出來的東西,卻是別人在賺錢,心裡實在很難平衡。」

其實,人生能平安就是福,人比人,氣死人。我們要以寬廣的心去包容別人,凡事要善解、感恩、知足,日子自然就會過得歡喜自在。

本文摘自 證嚴上人著作《塵盡光生
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar