Selasa, 20 Maret 2012

Keberhasilan dari “Kota Bayangan”

Sang Buddha terus menyerukan kepada umat manusia agar melangkah di jalan Bodhisattva, namun jalan menuju keBuddhaan adalah sangat jauh sekali, itu sebabnya Sang Buddha terus menciptakan satu demi satu kota bayangan, mendorong semua orang untuk membidik pada sasaran ini dan setiap orang tentu akan dapat mencapainya jika mau lebih giat sedikit.

Master berceramah:
“Kota bayangan” adalah sasaran, juga merupakan Dharma menakjubkan yang dalam tiada bandingnya. Itu seperti pada 40-an tahun lalu, setelah misi amal Tzu Chi mantap, saya memberi semangat kepada semua orang agar terus melangkah maju, sasaran selanjutnya adalah membangun rumah sakit; setelah rumah sakit selesai dibangun, kembali melangkah maju....... dimulai dari misi amal, misi pengobatan, misi pendidikan, misi budaya humanis, misi bantuan bencana internasional, misi pelestarian lingkungan, misi donor sumsum tulang, sampai misi relawan komunitas, “Empat Misi Utama dan Delapan Jejak Dharma” digerakkan satu persatu, dengan harapan dapat menyelamatkan jiwa manusia dan membangkitkan jiwa kebijaksanaan.

Menghimpun kekuatan semua orang untuk menggapai cita-cita luhur

Sepanjang perjalanan ini, dikarenakan adanya kekuatan setiap orang yang terhimpun jadi satu, makanya satu persatu sasaran dapat tercapai. Sekarang ini alam sudah memberikan sinyal peringatan dan bencana terus terjadi, insan Tuz Chi harus memikul tanggung jawab. “Ajaran Jingsi giat mempraktikkan jalan kebenaran” tidak boleh berhenti, juga harus terus membimbing semua orang untuk memasuki lahan pelatihan “Pertobatan akbar” dengan berlandaskan pada semangat “Mazhab Tzu Chi melangkah di jalan Bodhisattva dunia”, demi memahami makna Tatagatha sesungguhnya.

Berharap semua orang dapat menyerap ajaran benar ke dalam batin, setiap hari membina batin dan mengasuh diri, serta senantiasa meluruskan prilaku diri, agar ajaran benar di dunia ini dapat seperti mata air yang memancar deras untuk menjernihkan dunia ini. Setiap orang memiliki ajaran benar dalam batinnya, dengan kesungguhan hati dan penuh cinta kasih melangkah di jalan Bodhisattva, mempraktikkan Dharma menakjubkan yang dalam tiada bandingnya dalam kehidupan sehari-hari; ini adalah harapan terbesar dari saya.

Dikutip dari Majalah Bulanan Tzu Chi edisi 534
 
「化城」的成就
 
佛陀聲聲呼喚人人走入菩薩道,然而成佛之道遙遠,於是佛陀造了一座又一座化城,鼓勵大家對準目標,多加把勁就能到達。

上人開示:
「化城」就是目標,也是無上甚深微妙法。就如四十多年前,慈濟慈善志業穩定後,我鼓勵大家繼續往前,目標是蓋醫院;醫院蓋好了,又再往前走……慈善、醫療、教育、人文、國際賑災、環保、骨髓捐贈、社區志工,「四大志業、八大法印」相繼啟動,期能搶救生命、啟發慧命。

合眾圓大願

一路走來,因為有無數的「你」與「他」會合,目標一個個完成。如今,天地告急災難起,慈濟人還要再挑起使命——「靜思法脈勤行道」不能停歇,還要不斷以「慈濟宗門人間路」的精神,引導人人走入「大懺悔」道場,體會如來真實義。

期待人人正法入心,日日修心養性、時時端正行為,讓正法在人間,如水、如湧泉,淨化天地人間。人人心中有正法,用心、用愛行菩提大道,把握甚深微妙法,應用在生活中;是我的最大的期待!

本文摘自:534期慈濟月刊.無盡藏

Tidak ada komentar:

Posting Komentar