Selasa, 20 Maret 2012

“Kecepatan batin” paling cepat

Pernah terjadi, ada seorang perwira polisi bunuh diri dengan menembak dirinya sendiri; selain itu, juga ada seorang anggota polisi yang sedang diperbantukan pada satu kantor polisi, tanpa diketahui alasannya menembak mati atasannya, lalu bunuh diri dengan menembak dirinya sendiri. Mengapa orang yang berada dalam kondisi baik-baik dapat mengakhiri kehidupannya dengan cara demikian? Semua itu timbul dari “simpul dalam hati”.   

Ketika Sang Buddha berada di kerajaan Sravasti, suatu pagi Sang Buddha berkata pada para muridnya: “Tahukah kalian? Dari segala Dharma tiada terhingga dalam dunia ini, tiada satu pun yang dapat berubah secepat ‘batin’; juga tiada satu pun yang tidak bisa ditiru oleh ‘batin’. Dari itu, kita harus menjaga pikiran dengan baik, begitu timbul pikiran tidak baik, kita harus menaklukkannya dengan sangat hati-hati. Jika batin dapat terjaga dengan baik, maka kebenaran dari segala Dharma akan berada di dalamnya.”  

Sebuah pikiran dapat menjadi Buddha atau iblis

Semua orang tentu pernah melihat bunga pioni, jika saya tanyakan kepada kalian: “Bagaimana bentuk bunga pioni?” Dalam batin kalian, bukankah akan segera muncul gambaran sekuntum bunga pioni? Walau pun sekarang bukan sedang musim bunga pioni berkembang, namun dalam batin kita dapat segera “mengembangkan” bunga pioni, coba bayangkan, bukankah “batin” dapat berubah dengan sangat cepat?

Jika saya tanyakan lagi: “Bagaimana menulis huruf ‘satu’ (dalam aksara Mandarin)?” Saya yakin kalian semua akan dapat menuliskannya dengan sangat cepat. Namun, bukan setiap orang dapat menuliskannya dengan cantik, orang yang dapat menuliskannya dengan cantik, pasti pernah melatihnya untuk waktu cukup lama. Akan tetapi “batin” tidak perlu berlatih dan huruf “satu” yang cantik akan segera “tertulis” di dalam pikiran kita. Bahkan huruf-huruf lebih rumit sekali pun, batin dapat segera menirunya dan menampilkannya ke luar, maka boleh disebutkan perubahan batin sangat lincah.
 
Karena batin sangat lincah dan kecepatan perubahannya sangat cepat, maka kita harus lebih banyak berpikir ke arah yang baik. Jika telah berikrar untuk berbuat kebajikan, maka setiap tindakan tentu akan dapat memberi manfaat pada orang banyak; jika arahnya menyimpang dan timbul pikiran tidak baik, maka batin yang bergerak cepat ini akan mendatangkan banyak dosa kesalahan. Ada sepatah kata: “Pikiran salah yang terlintas sekilas akan mendatangkan ribuan pikiran salah; kesalahan sekecil rambut pun bisa mengakibatkan kesesatan sampai seribu kilometer.” Dari itu, kita harus menjaga pikiran dengan baik. Kecepatan pikiran dalam berubah sungguh menakutkan! Jika dapat dimanfaatkan dengan baik, batin segera berubah menjadi batin Buddha, namun sedikit menyimpang saja, batin segera berubah menjadi batin iblis, perubahan antara Buddha dan iblis terjadi begitu cepat. Maka, kita harus menaklukkan batin dengan sebaik mungkin.

***

Batin dapat menciptakan segala-galanya, kecepatan pikiran berubah tidak dapat ditandingi oleh segala-galanya, segalanya berawal dari batin, jadi kita harus senantiasa menyelidiki dengan seksama dan menjaga batin sendiri dengan sebaik mungkin.

※ Dikutip dari buku “Habis debu terbitlah terang” karangan Master Cheng Yen
 
「心速」最快 降伏心魔
 
曾經,某處警察局一位警官舉槍自盡;另外,有位支援某局的警備隊員,不知什麼原因,槍殺了直屬小隊長之後,舉槍自戕。為什麼好端端的一個人,會以這種方式結束生命?這一切,無不是從「心結」而生。

佛陀在舍衛國時,有一天早上對弟子們說:「你們知道嗎?世間千千萬萬無量的法,沒有一樣比『心』轉得更快;也沒有一件事是『心』所無法模仿的。因此,我們要照顧好這一念心,不好的心念一轉動時,我們就要很謹慎地降伏它。心如果能觀照得好,萬法的道理就在其中。」

一念之間 佛或魔

大家都看過牡丹花吧?如果我問你們:「牡丹花長什麼樣子?」你們的心中,是不是很快就會浮現出一朵牡丹花?雖然現在不是牡丹花生長的季節,但是我們的心中卻能馬上「開出」牡丹花來,想想,「心」是不是轉得很快呢?

若再問你們:「『一』字要怎麼寫?」相信你們很快就能寫出來。但是,並不是每個人都能寫得很漂亮!寫得很漂亮的人,一定花了一段時間練習。但是「心」不用 練習,漂亮的「一」字很快就能在我們的心中「寫」出來。即使是複雜的筆畫,心也能很快就模仿、顯現出來,所以說心的變化十分靈巧。

因為心 很靈巧、轉動的速度又快,所以我們更要往好的方向思考。若能發心做好事,則每一樣動作都能利益人群;假如方向有所偏差,不規矩的念頭一生起,快速的心念就 會帶來許多罪惡。有句話說:「一念差,萬念錯;差之毫釐,失之千里。」因此,我們要好好照顧這一念心。心念轉動之速,真的很可怕!運用得好,即心即佛;稍 微偏差,即心即魔,佛與魔之間的轉動是這麼快!所以,一定要好好降伏我們的心。

***

從心造萬物,心念轉變之快萬物無法比擬,一切無不由心起,應時時探究、照顧好自己的心。

本文摘自證嚴上人著作《塵盡光生

Tidak ada komentar:

Posting Komentar