Senin, 26 Maret 2012

Bergabung dalam Tzu Chi tidak akan menyesal selama-selamanya

Ada orang bertanya kepada Master cheng Yen:
“Master, Tzu Chi sudah memiliki begitu banyak orang, apakah masih perlu dana pembangunan?”

Master menjawab:
“Sejak kita membangun RS Tzu Chi sampai sekarang, oleh karena para anggota Komite terus bekerja keras dan para donatur terus membangkitkan niat kebajikan mereka, maka barulah kita mampu terus melakukan pembangunan tanpa henti. Tak peduli berapa pun sumbangan anda, setiap jengkal pada lahan kita dan setiap keping bata pada bangunan kita disusun bangun dari sumbangan anda. Pembangunan perguruan tinggi kedokteran dan jaringan rumah sakit di kemudian hari juga membutuhkan insan Tzu Chi untuk terus memberi dukungan dan menggalang dana pembangunannya.

Menapakkan setiap langkah maju dengan mantap

Apa yang dilakukan oleh Tzu Chi sekarang bukan hanya pembangunan dalam Empat Misi Utama Tzu Chi saja, jika membicarakan “Misi Pendidikan”, bukan hanya berkenaan perguruan tinggi kedokteran dan akademi keperawatan kita sendiri saja, akan tetapi semua sekolah di dalam masyarakat, mulai dari tingkat SD sampai perguruan tinggi membutuhkan semangat Tzu Chi untuk menggerakkannya; sebab Tzu Chi merupakan sebuah aliran semangat suci, jika masyarakat ingin damai sejahtera dan keluarga ingin bahagia, maka pendidikan bagi orang muda tidak boleh dikesampingkan. Para Komite Tzu Chi sangat giat berbuat di setiap pelosok, selain menolong kaum miskin dan membimbing kaum kaya untuk mau menolong kaum miskin, masih harus melaksanakan program pendidikan di sekolah-sekolah; selain dalam bidang pendidikan, juga harus menggalakkan kegiatan pelestarian lingkungan demi meningkatkan kualitas kehidupan kita.

Misi-misi Tzu Chi terus ditapakkan langkah demi langkah, selama dua puluh tujuh tahun ini, kita telah berhasil mencapai skala cukup besar, saya berharap semua orang lebih giat lagi, setiap detik dan setiap menit dalam perjalanan kita harus ditapakkan dengan langkah mantap dan penuh arti, senantiasa mengembangkan hati cinta kasih semua orang.

Menggunakan tubuh ini seoptimal mungkin untuk berterima kasih kepada semua pihak di segala penjuru

Ribuan ucapan terima kasih tidak akan mampu mengungkapkan perasaan hati saya terhadap kalian semua, saya tetap ingin mengulangi sepatah kata ini: “Saya tidak punya uang, juga tidak punya kekuatan, hanya ada nyawa selembar, jadi saya ingin menggunakan tubuh ini seoptimal mungkin dan menyumbangkan nyawa saya, agar kalian semua merasakan kalau bergabung dalam Tzu Chi adalah sesuatu yang tidak akan pernah mendatangkan penyesalan selama-lamanya.” Inilah satu-satunya yang dapat saya lakukan untuk membalas budi kalian semua.

Dikutip dari Almanak Tzu Chi tahun 1966 1992 terbitan 30 Juni 1993
 
參加慈濟 永不後悔
 
有人問:「師父,慈濟已經有那麼多人了,還需要建設經費嗎?」

上人回答:「我們從建設慈濟醫院一直到現在,就是委員不斷的努力、會員不斷的發心,才能不斷的進行建設啊!不管你奉獻多少,我們的土地以及建築物上的每一塊磚,都是這樣砌起來的。所以未來的醫學院、醫療網,也要靠諸位慈濟人不斷的支持、推動。

踏穩眼前每一步伐

慈濟現在所做的,不止是四大志業的建設而已,以「教育」而言──不 僅我們的醫學院、護專,現在社會上自小學至中學、大學,所有的學校,都極需要慈濟的精神去帶動;因為慈濟是一股清流,社會要祥和、家庭要幸福,青少年的教 育不能忽視。我們各地的委員為了慈濟的志業,非常努力,除了濟貧教富外,還要進行學校教育;學校教育以外,還要推行環保工作,提升我們的生活品質。

慈濟的志業一直是步步前進,二十七年來,我們已走出一片規模,希望大家再努力,每一分、每一秒的步履,我們都要踏得穩,走得充實,隨時發揮大家的愛心。

盡此報身感恩十方

千聲、萬聲的感恩與感激,都無法表達我對你們的心意,我還是重複那一句:「我沒錢、沒力,只有一條命,我願盡此一報身,將我的命捐出去,讓大家覺得今生參加慈濟,是永不後悔的工作。」這是唯一我能回報大家的。

本文摘自:1993/06/30出版《慈濟年鑑(19661992)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar