Rabu, 02 Mei 2012

Tiada ganjalan dalam hati, setiap hari menuliskan surat wasiat

Pernah ada orang yang bertanya pada Master Cheng Yen tentang apakah Master perlu menuliskan surat wasiat.

Master menjawab:
Seumur hidup hidup saya, hanya ada satu hal yang membuat diri saya tiada ganjalan di hati, yaitu hati saya bebas dari noda dan sangat jernih. Saya ingat ada suatu ketika di mana kondisi kesehatan tubuh saya sangat buruk, saat itu ada seorang anggota Sangha yang berkata kepada saya: “Kondisi kesehatan tubuh anda demikian buruknya, sedangkan empat misi utama Tzu Chi telah berjalan semuanya, hendaknya anda menuliskan surat wasiat, siapa tahu sesudah anda meninggal nanti ......”

Saya berkata kepadanya: “Shifu XXX, saya setiap hari menuliskan surat wasiat, sebab setiap hal sudah saya titipkan kepada semua orang untuk dilaksanakan dan setiap hari saya menyaksikan bagaimana mereka melaksanakannya, saya merasa sangat lega dan terjamin terhadap semua orang, jadi saya tidak perlu merasa khawatir, mereka lebih tahu banyak daripada saya dan saya tidak perlu menitipkan pesan.” Saya merasa saya akan datang dan pergi tanpa sesuatu yang perlu dikhawatirkan, seumur hidup saya tidak ada yang perlu dikhawatirkan atau sesuatu yang bersifat pribadi.

Karena saya tidak punya sesuatu yang bersifat pribadi, makanya saya tidak punya noda tersembunyi dan setiap harinya sangat jernih, kapan pun terjadi sesuatu, juga tidak ada masalah bagi saya. Hati saya tiada beban, semua orang harus belajar memiliki hati jernih seperti ini, itulah sebabnya saya selalu meminta agar kalian bersumbangsih tanpa pamrih. Saya berharap kalian belajar dari keteladanan saya, belajar sampai akhir hayat pun, tidak perlu risau harus berpesan apa lagi, ini adalah kehidupan yang paling bersih dan paling jernih.

Khawatir namun tidak risau

Walau pun setiap hari saya sangat sibuk dan juga khawatir, namun saya tidak risau, khawatir itu berbeda dari risau, khawatir adalah “ambil pusing”, khawatir kalau orang-orang ini sekarang pergi ke mana? Apakah mereka berada dalam kondisi selamat? Itu sebabnya ketika kalian kembali ke Hualien, saya sering bertanya: “Kalian pulang dengan mengendarai mobil, mengapa tidak naik kereta api saja?” Sebetulnya naik kereta api tidak berbeda banyak dengan mengendarai mobil, namun naik kereta api bisa lebih santai dan nyaman, itu berbeda dengan mengendarai mobil, jadi setiap hari saya khawatir apakah semua orang berada dalam kondisi selamat? Apakah batin menuju pencerahan setiap orang tetap tegar tak tergoyahkan? Ini hanya merupakan kekhawatiran saja, saya tidak ada kerisauan.  

Kerisauan adalah keserakahan, kebencian dan kebodohan, jika kita dapat menghapus kegelapan batin berupa kerisauan, barulah merupakan praktisi ajaran Buddha yang sesungguhnya. Jika kegelapan batin dapat dihapuskan, batin akan merasa sangat nyaman, berada dalam kondisi tenang dan jernih. Kondisi batin yang tenang dan jernih ini, jelas dan terang di dalam mau pun di luar, alangkah indahnya! Bila mampu berbuat demikian, barulah tekad kita cukup kokoh. Seorang yang gagah berani adalah dikarenakan dirinya tiada pamrih, hanya orang yang tiada pamrih saja yang tiada rasa takut. Jika ada pamrih, pasti akan dike
ndalikan oleh pihak luar. Maka “tekad kita maha luas bagai alam hampa tiada berbatas”, tekad kita harus sangat kokoh, jika ingin tekad kokoh, maka “batin harus tenang dan jernih”, harus bebas dari kegelapan batin.

Dikutip dari “Jurnal Harian Master Cheng Yen” edisi musim dingin tahun 2003
 
心無罣礙 天天寫遺書
 
曾經有人問上人有關寫遺書的事。

我這輩子只有一件事讓我自己沒有罣礙,就是心沒有污染,很清淨。記得有一段時間我的身體很不好,那時有一位法師跟我說:「你的身體那麼不好,慈濟四大志業又都已展開,你的遺書要寫一下,才不會萬一你怎麼樣的時候……

我跟他說:「某某師父,我每天都在寫遺書。因為我什麼事情都是付託給大家做,我每天都在看他們怎麼做,我對大家很安心、放心,所以我不必擔心,他們比我知道得多,我不必交代。」我覺得來去沒有罣礙,這輩子心都沒有什麼掛礙,或者是有私有的東西。

因為我沒有私有的東西,就沒有私藏的垢穢,所以每天都很清淨,哪一天要怎麼樣,我都無所謂。所以心無負擔,這種清淨,大家要學,所以要你們付出無所求。希望你們學師父,學到人生的最後,都不必煩惱要怎麼交代,這就是最乾淨、最清淨的人生。

擔心卻不煩惱

雖然每天都很忙,有擔心,但是沒有煩惱,擔心和煩惱不同。擔心就是「操煩」(臺語),擔心現在這些人去哪裡了?平安嗎?所以常常在你們回來的時候,會問: 「你們是開車回來,為什麼不搭火車回來?」其實搭火車和開車沒有多大的差別,不過,搭火車比較可以放鬆、輕安,但開車就不同了,所以,我每天都擔心大家是否平安?大家的道心有沒有堅固?這只是操心而已,但是我沒有煩惱。

煩惱是貪、瞋、癡,我們如果可以去除無明煩惱的話,就是真學佛者。如果 去 除了無明,心就可以很自在,就可以「靜寂清澄」。那種「靜寂清澄」,內外明淨,多美啊!能夠這樣,我們的意志才能夠很堅定。勇者,就是因為他無求,無求無 私的人才能夠很勇。有求有私心,都會受到環境的控制。所以「志玄虛漠」,志要很堅定;志要堅定,就要「靜寂清澄」,就是要沒有無明。

本文摘自:《證嚴法師衲履足跡》 二00三年冬之

Tidak ada komentar:

Posting Komentar