Rabu, 02 Mei 2012

Pengurangan emisi gas rumah kaca sudah tidak ada waktu lagi, jadi perlu meminjam kekuatan besar dari agama

Pada pagi hari, Prof. Peng Qi-ming melaporkan bahwa kerugian bencana di seluruh dunia dalam tahun 2011 diperkirakan mencapai angka 3,5 milyar dolar AS, menurut prakiraan cuaca dalam tahun 2012 mestinya termasuk normal, namun masalah pangan global tetap saja mengancam, kesimpulannya adalah upaya pengurangan emisi gas rumah kaca benar-benar sudah tidak ada waktu lagi, jadi perlu meminjam kekuatan besart dari kalangan agama untuk mengajak semua orang agar bertobat secara mendalam dan secara aktif membangun lingkungan hidup yang rendah emisi gas rumah kaca. Master Cheng Yen mengharapkan semua orang bermawas diri dan bertulus hati agar empat unsur utama alam dapat selaras dan cuaca lebih bersahabat.

Dengan Tzu Chi sebagai model, para pejabat pemerintah berharap dapat menggalakkan bangunan rendah emisi gas rumah kaca

Ketika Master Cheng Yen berbincang-bincang dengan Direktur Kantor Pelestarian Lingkungan Shen Shi-hong, Wakil Menteri Urusan Ekonomi Huang Zhong-qiu, mantan Menteri Transportasi Cai Dui dan rombongan, Direktur Shen menyampaikan bahwa sekarang ini Kantor Pelestarian Lingkungan sedang giat memasyarakatkan jenis bangunan “rendah emisi rumah kaca”, bahkan “nihil emisi gas rumah kaca”, serta segala jenis kegiatan harus “gas rumah kaca netral”, mengajak seluruh warga Taiwan untuk bekerja keras demi menghemat energi dan mengurangi emisi gas rumah kaca. Maksud daripada “gas rumah kaca netral” adalah walau pun sudah berupaya keras untuk menghemat energi, namun dalam kegiatan umat manusia tetap sulit dicegah timbulnya emisi gas rumah kaca, maka melalui kegiatan menanam pohon, mempergunakan pembangkit listrik tenaga surya dan metode lainnya untuk menyerap dan merubahnya, sehingga emisi gas rumah kaca dan penyerapan gas rumah kaca menjadi seimbang.

Banyak dari bangunan dalam badan misi-misi Tzu Chi termasuk jenis bangunan rendah gas rumah kaca, contohnya mempergunakan pencahayaan sinar matahari yang baik untuk mengurangi penggunaan lampu penerangan, ventilasi udara yang baik untuk mengurangi pemakaian pendingin udara, bahkan memasang panel tenaga surya atau pembangkit listrik tenaga angin untuk memasok daya listrik pemakaian sendiri. Direktur Shen berharap dapat menjadikan bangunan Tzu Chi sebagai model untuk dipromosikan ke seluruh Taiwan; Direktur Shen juga berharap agar semua kegiatan umum dapat seperti Acara Pemberkatan Akhir Tahun Tzu Chi dan kegiatan skala besar Tzu Chi lainnya, tiada sampah dan konsumsi energinya sangat minim.

Barang daur ulang dijaga kebersihan dari awalnya

 
 
 

“Dalam menggalakkan upaya penghematan energi dan pengurangan emisi gas rumah kaca, harus membuat masyarakat umum mengerti akan maksudnya, baru dapat terlaksana dengan baik.” Master Cheng Yen mengatakan bahwa penggalakan misi pelestarian lingkungan Tzu Chi diawali dengan mendaur ulang sumber daya, semuanya mempergunakan bahasa yang mudah dimengerti untuk mendidik orang ramai, kemudian baru menggalakkannya dalam lingkungan tetangga. Insan Tzu Chi sedunia memberikan penyuluhan tentang metode “barang daur ulang djaga kebersihannya dari awal” dalam setiap komunitas, meminta setiap rumah tangga untuk menjaga kondisi botol dan kaleng agar tetap bersih, sehingga dapat mengurangi pemakaian air untuk membersihkan barang daur ulang. Selimut ramah lingkungan yang dibuat dari botol plastik PET bekas sebagai hasil daur ulang relawan pelestarian di seluruh Taiwan telah pun dibagikan kepada kaum miskin dalam bakti sosial pembagian bahan bantuan dan bantuan bencana internasional, menghangatkan tubuh dari sekitar 500 ribu orang penerimanya.

Master Cheng Yen berkata dengan penuh perasaan: “Kesuksesan upaya pelestarian lingkungan Taiwan patut dibanggakan, banyak tokoh dari luar negeri yang datang ke Taiwan akan meluangkan waktu untuk berilmu ke Depo Pelestarian Lingkungan Neihu. Jika kita benar-benar mencintai Taiwan, maka kita harus menonjolkan cinta kasih dan kebajikan Taiwan ke luar, agar Taiwan dapat bersinar cemerlang di anjang dunia internasional.”

Kata Perenungan Master Cheng Yen
Makan dengan kondisi 80% kenyang, sisakan 20% untuk membantu kaum miskin yang kelaparan —— 10% demi keberkahan dan 10% demi kebijaksanaan, sehingga dalam waktu bersamaan dapat memupuk keberkahan dan kebijaksanaan.

Ceramah Master Cheng Yen pada 23 Desember 2011
Dikutip dari Majalah tzu Chi edisi 542
 
減碳來不及 要靠宗教大力量
 
晨間,彭啟明博士報告二一一年全球天災損失估計高達三千五百億美金;二一二年度氣象預估,應屬正常年,但全球糧食問題依舊緊繃;結論為全球減碳真的來不及了!要靠宗教的力量大懺悔,積極建立低碳環境。上人期盼人人戒慎虔誠,四大調和方能風調雨順。

慈濟為典範 官員期推廣低碳節能

與 環保署沈世宏署長、經濟部黃重球次長、前交通部長蔡堆等人座談,沈署長提及環保署目前提倡建築要「低碳」甚至「零碳」,以及各種活動要達到「碳中和」,邀 請全民為節能減碳而努力。所謂「碳中和」是指即使已經盡力節約,但人類活動中仍無法避免產生二氧化碳等溫室氣體,可透過種樹或加裝太陽能發電等方式吸收、 轉化,讓排碳與吸收碳達成平衡。

許 多慈濟志業體建築都屬低碳建築,例如採光佳即減少開燈耗電、建築通風則減少空調使用,甚至加裝太陽能或風力發電可自行供電等。是以沈署長希望能以慈濟建築 為示範,向全臺推廣;對於各種公共活動,也希望能像慈濟歲末祝福以及所有慈濟大型公開活動一樣,沒有垃圾、耗能降到最低。

清淨在源頭 帶動鄰里環保國際化

「推 動節能減碳,要讓一般人聽得懂方可執行。」上人言,慈濟推動環保,從資源回收做起,皆以淺顯話語教育大眾,進而在鄰里間帶動。全球慈濟人在各社區宣導「清 淨在源頭」做法,請家家戶戶將回收瓶罐保持乾淨,減少清洗回收物所耗用的水資源;由各地環保志工回收寶特瓶製作的環保毛毯,用於濟貧發放、國際賑災,已溫 暖逾五十萬人。

上人有感而言:「臺灣環保成果值得自豪,許多海外人士來到臺灣,都會到內湖環保站『取經』。真正愛臺灣,就要彰顯臺灣的愛與善,讓臺灣在國際舞臺上亮麗起來。」

〔靜思小語〕吃八分飽、留兩分助飢貧——一分留福、一分留慧,福慧雙修。

證嚴上人開示於20111223日《農十一月二十九日》
本文引用自2012.01.25《慈濟月刊》第542期衲履足

Tidak ada komentar:

Posting Komentar