Rabu, 20 Juni 2012

Sulit memilih antara pekerjaan atau misi, bagaimanakah jalan ke luarnya?

Ada seorang pengusaha yang bertanya kepada Master Cheng Yen:
“Saya banyak memiliki teman dari Tzu Chi, termasuk isteriku juga adalah insan Tzu Chi, mereka selalu mendorongku agar lebih banyak berpartisipasi dalam kegiatan Tzu Chi, namun saya tidak dapat melepaskan bisnisku, namun juga berkeinginan untuk lebih banyak berpartisipasi dalam kegiatan Tzu Chi, jadinya batinku terasa sedikit terbebani.”

Master menjawab:
Jangan merasa terbebani, Tzu Chi adalah misi, misi berarti harus dilakukan dengan hati penuh keikhlasan, jika tidak ikhlas, tentu tidak perlu dilakukan.
 
Akan tetapi, sebetulnya misi dan pekerjaan tidak berbentrokan. Tzu Chi dapat berjalan selama banyak tahun ini, itu dikarenakan masyarakat semakin berkembang dan ekonomi semakin maju, makanya kita memiliki kemampuan untuk memberikan bantuan pada orang, saya selalu mengatakan kalau setiap orang harus terlebih dahulu menjaga pekerjaan dan keluarga dengan baik, barulah membicarakan partisipasinya dalam misi-misi Tzu Chi.

Namun pekerjaan kadangkala belum tentu berkaitan dengan nyawa kehidupan, sedangkan misi terus saling berkaitan dengan nyawa kehidupan, itu dikarenakan manusia tidak memiliki hak milik atas segala sesuatu di dunia ini, termasuk tubuhnya sendiri. Kita tidak tahu pada detik mana napas kita tiba-tiba akan terhenti, begitu napas terhenti, segala sesuatu di dunia ini sudah tiada kaitannya lagi dengan kita lagi. Jadi biar seberapa besar pun bisnis kita, kadangkala juga tidak ada kaitannya dengan nyawa kehidupan kita, maka sering saya katakan kalau manusia tidak memiliki hak milik atas kehidupannya, hanya memiliki hak pakai saja, tak peduli itu berupa nyawa kehidupan atau pun harta.

Dikutip dari Jurnal Harian Master Cheng Yen edisi musim dingin tahun 2002
 
志業與事業難以取捨,怎麼辦?
 
有實業家問:「身邊有很多慈濟的朋友,包括我自己的同修師姊也是慈濟人,他們一直鼓勵我多投入,可是我放不開事業,但又想多投入志業,所以覺得有一些壓力。」

上人的回答:
請不要有壓力,慈濟是志業,志業就是心甘情願,假如是不甘不願,就不一定要接受。

不過,志業與事業並不衝突。慈濟能走過這麼多年,就是因為社會發展,經濟豐富,我們才有力量去做救人的工作,所以我常說先把事業與家業照顧好,再來談志業。

事業有時候未必與生命相關,志業卻是一直與人的生命息息相關,因為人對世間的一切都沒有所有權,包括自己的身體。我們不知道哪一秒鐘會突然停止呼吸,呼吸 一停,天地萬物與我都沒有關係。所以事業再大,有時候與自己的生命也無關,因此我常說人生沒有所有權,只有使用權,不論是生命或金錢。

本文摘自:《證嚴法師衲履足跡》2002冬之

Tidak ada komentar:

Posting Komentar