Rabu, 20 Juni 2012

Bagaimana menyerahkan satu rapor kehidupan yang bagus?

Ada orang bertanya:
Ajaran Buddha sedemikian mendalam, bagaimana dapat menyelaminya dengan cermat? Bagaimana dapat mengejarnya? Bagaimana pula dapat memahaminya?

Master menjawab:
Sebetulnya, ajaran Buddha harus dimanfaatkan sepenuhnya dalam kehidupan sehari-hari. Jika setiap lapangan kerja dapat memahami ajaran Buddha dan dipergunakan dalam profesi dan bidang usahanya, pasti akan sukses. Sebab ajaran Buddha merupakan sumber edukasi bagi setiap lapangan kerja.

Jika seorang pengusaha dapat menyerap pengajaran dari ajaran Buddha, bisnisnya pasti dilakukan dengan sangat jujur, juga dapat memberi manfaat bagi orang banyak. Walau kita mengambil keuntungan berupa harta duniawi, namun dapat membawa kemakmuran bagi masyarakat; banyak dari kaum pengusaha yang mengambil keuntungan dari masyarakat dan mau mempergunakannya bagi kesejahteraan masyarakat, dengan demikian tentu akan menjadi seorang “pengusaha bersemangatkan misi” yang memberi manfaat bagi masyarakat.

Jika seorang dokter memiliki semangat dari ajaran Buddha, dia akan mengembangkan hati cinta kasihnya untuk menolong orang. Sebagai contoh adalah para dokter di RS Tzu Chi, setiap dokter memiliki semangat Tzu Chi yang merupakan edukasi dari filosofi ajaran Buddha. Dari itu, mereka betul-betul mengembangkan bidang pengobatan berlandaskan cinta kasih.

Paling penting adalah para dokter RS Tzu Chi memiliki hati cinta kasih, mereka dapat mempraktekkan ajaran Buddha dalam kehidupan sehari-hari, mereka tahu akan panggilan jiwa sebagai seorang dokter, yaitu mengembangkan fungsi mereka untuk menolong orang, makanya pada masa liburan Tahun Baru Imlek, mereka tetap menempatkan hati dan pikiran mereka pada diri pasien. Jika seorang dokter memiliki semangat Tzu Chi dan dapat menanamkan ajaran Buddha, tentu dirinya akan menjadi seorang dokter budiman.

Dikutip dari Almanak Tzu Chi tahun 1966 1992
 

如何交出一份漂亮的人生成績單?

 
有人問:佛法這麼深,如何去探究?如何去追求?如何才能了解?

上人開示:其實,佛法是要發揮在日常生活中。各行各業若能夠了解佛法,用在自己的行業上,一定能成功。因為佛法是各行各業教育的源泉。

做生意的人吸收佛法的教育,生意一定做的很誠實,且能利益人群。雖然他們賺世間財,但能使社會繁榮;很多企業家,懂得取之社會,用之社會,如此就可以成為奉獻社會的「志業家」。

做醫生的,若有佛教的精神,可以發揮愛心及救人的功能。比如慈濟醫院的醫生,每個人都有慈濟的精神,亦即是佛教道理的教育。因此,他們確實發揮了愛的醫療。

最重要的是,我們的醫生有愛心,他們將佛法生活化,知道當醫生的使命,就是要發揮救人的功能,因此,過年期間也把心放在病患身上。所以說,當醫生的有慈濟的精神、佛法的教育,就可以當個好醫生。

本文摘自:《慈濟年鑑》19661992

Tidak ada komentar:

Posting Komentar