Senin, 27 Februari 2012

Bagaimana “menghapus rintangan karma”?

Ada seorang umat bertanya kepada Master Cheng Yen, sejak ikut “menyelami Sutra”, bukankah berarti sudah “menghapus rintangan karma”? Mengapa puteranya yang ikut pementasan Sutra Pertobatan Air di bulan Agustus lalu, sementara sekarang malah bersengketa dengan orang dan terlibat perkara.

Ketika berbincang dengan para kader pengurus wilayah Pingtung Taiwan, Master mengambil contoh ini untuk menjelaskan kalau dalam berkeyakinan pada ajaran Buddha bukannya “bermohon sambil duduk” --- hanya memohon perlindungan kepada para Buddha dan Bodhisattva; dalam mendengar ajaran Buddha dan memahami kebenaran di dalamnya, kita harus “bangkit dan melangkah ” untuk berbuat sesuai ajarannya.

Master meminta kepada semua orang agar dapat memahami ajaran Buddha secara tepat dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. “Ketika berinteraksi dengan orang, jika setiap pihak bersikeras pada pendapat masing-masing dan timbul ketidak senangan, maka kita harus segera sadar dan mengingatkan diri, jangan terus bersitegang dan timbul gesekan, sebab akan menciptakan jalinan jodoh buruk dengan orang. Kita harus segera menyampaikan penyesalan kepada pihak lawan demi menguraikan kebuntuan, jika dalam batin sesama tidak tersimpan dendam, dengan demikian baru mendapatkan ‘kedamaian dari pertobatan’.”

Jadi bagaimana caranya menghapus rintangan karma? Master menjawab: “Kita harus senantiasa mengingatkan diri sendiri agar jangan lagi menciptakan karma tidak baik dan menjalin jodoh tidak baik. Jika kita bisa menerima kondisi sulit yang datang dengan hati yang tenang dan ikhlas, otomatis tidak akan berkutat lagi dengan benih yang tidak baik, sehingga rintangan karma akan dapat terhapus.”

Ceramah Master Cheng Yen tanggal 2 Desember 2011
Dikutip dari Catatan Harian Master Cheng Yen
 
如何「消業障」?
 
一位會眾曾請示上人,既已「入經藏」,不就應該「消業障」?但為何其子參與八月的經藏演繹,現在卻與人起糾紛,目前官司纏身……

與屏東地區幹部座談,上人以此說明,信仰佛法不是「坐而求」——只是拜求佛菩薩保佑;聞法、了解法理,就要「起而行」依教奉行。

上人請大家正確理解佛法,運用在生活中。「與人互動,若因各執己見而有不愉快,要自我警覺,莫再與人對立起摩擦、結惡緣。要趕緊向對方懺悔以解僵局,彼此心中不存芥蒂,如此才得『懺悔即清淨』。」

到底如何才能消業障?上人說:「時時警惕自己不再造惡業、結惡緣。用平靜而甘願的心接受逆境,自然不再與惡因緣糾纏,如此才能消除業障。」

證嚴上人開示於2011122
本文摘自:《證嚴上人衲履足跡

Tidak ada komentar:

Posting Komentar