Selasa, 28 Februari 2012

Dokter Spesialis Mata Ternama Mengumumkan Menghentikan Bedah LASIK Mata

Bedah LASIK mata untuk memperbaiki rabun jauh adalah sangat umum dilakukan di Taiwan, namun dokter spesialis mata merangkap dosen pada Taipei Medical University, dr. Cai Rui-fang yang dulu paling dini mempergunakan teknik bedah LASIK di Taiwan, baru-baru ini tiba-tiba membuat sebuah pengumuman, bahwa mulai sekarang ia tidak akan melakukan bedah LASIK lagi. Ia menyampaikan bahwa setelah dirinya melakukan pengamatan jangka panjang, banyak pasien yang dulu pernah menjalani bedah LASIK, ternyata setelah lebih dari 10 tahun, daya penglihatan mereka memburuk drastis, diperkirakan gejala itu terkait dengan peradangan lapisan tipis kornea mata setelah pembedahan.
 
Nama dr. Cai Rui-fang cukup terpandang dalam bidang poli mata di Taiwan, ketika pada 20 tahun lalu menjabat sebagai Kepala Poli Mata RS Chang Gung di Linkou, ia yang memasukkan teknik bedah LASIK mata ke Taiwan, padahal pada saat itu di Amerika Serikat saja belum melakukan teknik pembedahan tersebut pada tubuh manusia, dr. Cai Rui-fang telah melakukan eksperimen bedah tersebut pada sejumlah 500 kasus. Dalam beberapa tahun ini, bedah LASIK mata juga telah menjadi tren untuk memperbaiki rabun jauh, berbagai jaringan berantai klinik poli mata pun ikut berdiri, perbaikan rabun jauh pada mata juga telah menjadi ladang bisnis seperti halnya bedah plastik. Pengumuman dari dr. Cai Rui-fang membangkitkan diskusi hangat bagi para dokter spesialis mata di Taiwan, juga memukul pasar bedah LASIK mata.
 
Dr. Cai Rui-fang menyatakan, bedah LASIK mata adalah sebuah fenomena jaman, mempergunakan pisau laser untuk membuka sekitar ¾ lingkaran pada kornea, setelah membuka lapisan atas kornea, kemudian merancang ulang kornea dengan membuang sebuah jaringan di lapisan bawah kornea. Bukaan kornea kemudian ditutup kembali dan direkatkan hingga proses penyembuhan selesai. Dikarenakan lapisan kornea menjadi tipis, jarak fokus menjadi pendek, cahaya dari luar akan dapat dibiaskan secara tepat pada retina, sehingga tercapai tujuan perbaikan rabun jauh.
 
Walau bedah LASIK mata memiliki kelebihan seperti akurasi pembedahan pisau laser, ketepatan hasil perbaikan rabuh jauh dan tiada bekas luka pasca pembedahan, namun membawa efek samping pasca pembedahan seperti mata silau, penglihatan pada malam hari memburuk, mata perih dan kering, maka dokter harus memeriksa pasien yang sesuai dan menginformasikan kepada calon pasien akan potensi masalah atau efek samping.
 
Akan tetapi setelah 10 20 tahun, efek samping yang dulu tidak diperkirakan perlahan-lahan muncul di permukaan, belakangan ini dr. Cai Rui-fang telah menemukan sepuluhan kasus yang dulu pernah menjalani bedah LASIK mata datang untuk mengeluhkan efek sampingnya, kebanyakan darinya berusia 40 50 tahun, di mana daya penglihatan mereka memburuk dalam waktu singkat, sehingga membawa dampak pada kehidupan sehari-hari.
 
Dengan melemparkan isu mengguncangkan ini, dr. Cai Rui-fang tahu jelas kalau tindakannya ini akan merusak bisnis koleganya sesama dokter spesialis mata, bahkan bisa menjadi bumerang dan mendapatkan serangan atas integritasnya, namun dia tetap tidak bergeming, sebab sebagai seorang dokter sudah sewajibnya memberitahukan kebenaran, sebab kalau satu persatu pasien lama sudah melaporkan adanya efek samping yang dulu tidak diperkirakan, sulit dijamin tidak akan timbul efek samping lainnya di masa mendatang. Demi hati nurani sebagai seorang dokter dan demi kepentingan pasien, dia memilih untuk menghentikan bedah LASIK mata, agar kerusakan yang terjadi tidak semakin membesar.  
 
Dikutip dari artikel pada link:  http://mag.udn.com/mag/life/storypage.jsp?f_MAIN_ID=210&f_SUB_ID=1413&f_ART_ID=371288
 
眼科名醫蔡瑞芳 宣布停作雷射手術
 
雷射近視矯正手術在台非常普遍,但台灣最早引進這項手術的台北醫學大學眼科兼任教授蔡瑞芳,最近突然宣布,今後不再動這種手術。他表示,因長期觀察發現,不少當年接受雷射手術的患者,十多年後視力明顯下降,研判可能和當年動刀後角膜瓣發炎有關。
 
蔡瑞芳在國內眼科醫學界頗具份量,20年前擔任林口長庚醫院眼科主任期間,引進當時連美國也還沒進入人體臨床試驗的「準分子雷射層狀角膜成型術」 (LASIK),並完成近500例的人體臨床試驗。近年LASIK也成為近視矯正主流,台灣眼科連鎖診所紛起,近視矯正也成了如醫學美容般的超夯行業。蔡瑞芳的宣布,引起國內眼科醫學界討論,也衝擊近視矯正醫學的市場。
 
蔡瑞芳表示,LASIK是劃時代的醫學創舉,利用雷射刀將近視病患的角膜環切約四分三圈,掀起上層角膜後,接著以雷射刀切去下層角膜,再將上層角膜覆蓋回去。由於角膜變薄,焦距變短,從外進來的光線就可精準對焦在視網膜上,達到矯正近視的目的。
 
雖然LASIK具有雷射刀切割精準、近視矯正準確及角膜沒有結疤反應等優點,卻也有術後易出現眩光、夜間視力減退及眼睛乾澀症候群等併發症,因此眼科醫師施術前要慎選合適病人,並主動告知可能併發症。
 
但十幾二十年過後,一些當年未想到的併發症陸續出現,蔡瑞芳最近就接到十幾例受不了併發症而就診的個案,大多是四、五十歲的中年人,且視力在短時間內明顯減弱,日常生活及工作都大受影響。
 
突然拋出震撼彈,蔡瑞芳清楚知道此舉可能會擋人財路,甚至引來反彈及攻訐,但他堅持,身為醫者應有責任,既然當年受術患者如今陸續出現未曾料到的併發症,難保未來不會再出現其他併發症。基於醫學良心,也為了病患著想,他只有選擇停開這種手術,不讓傷害擴大。 記者林進修/台北報導
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar